Trik Sukses #KejarMimpi Kuliah Sambil Kerja

Siapa bilang kuliah sambil kerja itu gampang? Butuh banyak pengorbanan waktu dan tenaga yang harus kamu lakukan untuk bisa sukses kejar mimpi meraih gelar sarjana dan performa karir.

 

Di tengah perjalanan, kamu mungkin akan merasa lelah dan merasa burn out. Biasanya hal yang paling susah dilakukan ketika kuliah sambil kerja adalah membagi waktu, betul? Kamu punya tanggung jawab yang harus diselesaikan di kantor dan juga tugas kuliah yang harus kamu kerjakan supaya nilai nggak anjlok.

 

Bagaimana sih caranya supaya kamu bisa menjalani kuliah sambil kerja dengan tetap happy? Simak beberapa trik ini.

 

1. Buat planning harian

 

Jangan lewati hari kamu tanpa membuat perencanaan. Kuliah dan kerja punya prioritas yang berbeda-beda dan harus kamu lakukan secara bersamaan. Mapping apa saja yang menjadi prioritas urgent dan harus selesai di hari tersebut akan membuat kamu lebih fokus dan terhindar dari multitasking. Jadwal yang terkontrol akan membuat kamu lebih siap menghadapi hari.

 

2. Jangan paksakan diri untuk hal yang kurang penting

 

Planning harian hanya akan sekadar rencana kalau kamu tidak konsisten dengan pengerjaannya. Saat ini prioritas kamu adalah menyelesaikan kuliah sambil bekerja, sehingga kamu memiliki keterbatasan waktu. Sebagai orang yang bisa dibilang sibuk, kamu harus punya prioritas dalam memiliah kegiatan yang sifatnya mendesak dan tidak mendesak. Jangan paksakan diri kamu untuk melakukan hal yang kurang penting dan berani menolak ajakan teman untuk nongkrong ketika waktu kamu sebaiknya digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah.

 

3. Kurangi distraksi

 

Tidak bisa dipungkiri, sosmed menjadi distraksi paling unggul ketika kita sedang butuh fokus. Mungkin kamu hanya cek sosmed selama 5 menit, tapi kalau hal itu dilakukan berkali-kali dalam periode waktu 1 jam, sudah berapa waktu yang kamu habiskan hanya untuk ngintip sosmed?

 

Atur fokus kamu dengan mengatur screen time di smartphone. Bahkan jika diperlukan kamu bisa uninstall aplikasi sosmed supaya tidak ada alasan untuk buka-buka handphone terus.

 

4. Jangan malu untuk minta tolong

 

Ketika kamu sedang lelah, kapasitas otak juga akan menurun. Akan ada momen dimana kamu membutuhkan bantuan rekan kerja dalam membantu pekerjaan kamu atau minta diajarkan tugas yang kamu kurang paham oleh teman kuliah. Jangan sungkan untuk minta tolong dan jangan lupa untuk melakukan hal yang serupa ketika mereka butuh bantuan kamu ya.

 

5. Tahu kapan harus break

 

Manfaatkan weekend atau waktu senggang untuk beristirahat dan rileks. Tidur di rumah, jalan-jalan dengan teman atau keluarga, me-time ke salon atau olahraga. Jangan terus-terusan belajar atau kerja karena tidak bagus untuk kesehatan mental kamu.

 

6. Jaga kesehatan

 

Kuliah sambil kerja akan membuat kamu ekstra sibuk dan ekstra juga capeknya. Penting sekali untuk kamu menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, cukup tidur dan makan makanan bergizi. Kamu tidak akan bisa sukses kejar mimpi menyelesaikan kuliah di tengah kesibukan kerja kalau kamu tidak menjaga kesehatan dengan baik.

 

7. Bersyukur

 

Saat ini kamu adalah orang yang paling beruntung karena bisa kuliah dan bekerja dalam waktu yang bersamaan. Masih banyak teman-teman kita yang tidak bisa kuliah dan sulit mendapatkan pekerjaan. Bersyukur atas kesibukan, kepusingan, kelelahan yang kamu rasakan – karena ada orang lain yang berharap bisa bertukar posisi dengan kamu.

 

 

Di tengah kesibukan pasti ada masa kamu merasa hilang motivasi. Luangkan waktu bersosialisasi dan bertemu dengan komunitas yang bisa menginspirasi kamu untuk terus maju kejar mimpi. Kamu bisa bergabung dengan komunitas Kejar Mimpi di beberapa daerah di Indonesia untuk bertukar pikiran dan melakukan kegiatan sosial. Berdiskusi dengan orang-orang yang satu visi dan melakukan kegiatan positif bisa memberikan kamu motivasi lebih untuk mengejar mimpi.

 

Bergabung di media sosial Kejar Mimpi untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi harian supaya kamu lebih semangat dan positif dalam mengejar mimpi.

Instagram

Twitter

Facebook

YouTube

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?