Ternyata bersaing dengan teman punya manfaat tersendiri lho!

Persaingan bisa terjadi dimana saja. Di panggung politik, di kantor, di keluarga, bahkan di pertemanan. Mungkin bukan hal yang aneh ketika mendengar bahwa sesama teman bisa saling bersaing, tapi jangan jadikan persaingat menjadi penyebab konflik di tengah pertemanan.

 

Jauhkan pikiran kamu tentang persaingan yang dekat konteksnya dengan hal yang tidak nyaman, tegang dan berakhir dengan konflik. Jika dilakukan dengan benar, bersaing dengan teman banyak memberi manfaat dan bisa meningkatkan motivasi dalam kejar mimpi, lho. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapat dengan bersaing sehat bersama teman.

 

1. Belajar sportif dan rendah hati

 

Dalam sebuah persaingan pasti ada yang menang dan kalah. Kalau kamu belum berhasil dalam persaingan tersebut, kamu akan belajar menerima kekalahan dan lapang dada. Sebaliknya, kalau kamu berhasil menang dalam persaingan, kamu akan belajar menjadi rendah hati karena kamu akan menjaga perasaan teman kamu tersebut.

 

2. Belajar bahagia dengan keberhasilan orang lain

 

Pastinya kamu mau dong melihat teman kamu berhasil sekalipun kalian sedang bersaing? Melihat teman kamu berhasil, kamu akan belajar untuk berbahagia dengan keberhasilannya. Kalau ada rasa sedikit iri dan kecewa karena kamu kalah, ya wajar. Tapi jangan berlarut-larut ya, karena rasa iri hanya akan menghabiskan energi dan nggak akan mendatangkan manfaat baik untuk diri sendiri.

 

3. Belajar menjaga hubungan baik di tengah persaingan

 

Walaupun sedang berada dalam sebuah persaingan, kamu tetap harus menjaga hubungan baik dengan teman dan nggak memikirkan tentang persaingan yang sedang terjadi di antara kalian. Persahabatan dan persaingan adalah dua hal yang berbeda dan nggak boleh dihubungkan antara satu dengan lainnya.

 

4. Belajar menjadi teman yang baik

 

Jangan jadikan persaingan yang terjadi di antara kamu dan sahabatmu menjadi konflik dalam hubungan. Jadikanlah persaingan itu sebagai sebuah dorongan untuk kalian berdua menjadi pribadi yang lebih baik lagi, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, maupun kedewasaan antara individu masing-masing. Persaingan juga bisa mempererat hubungan pertemanan dan menjadi pelajaran untuk menjadi seorang teman dan sahabat yang lebih baik lagi.

 

Jadi, jangan takut untuk bersaing dengan teman sendiri ya, Dream Warriors!

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?