Susah Fokus? Kembalikan Konsentrasimu Dengan Cara Ini

Buka laptop niatnya mau ngerjain skripsi. Karena belum mood, cek timeline twitter deh buat pencerahan. Pas buka twitter, ada notifikasi chat dari temen nih. Duh ditanyain kerjaan yang belum selesai. Bales email bentar, malah ada request kerjaan baru. Yah terus kapan skripsiku kelar inih L.

 

Setiap orang pasti pernah terdistraksi pas lagi ngerjain tugas, pekerjaan bahkan lagi ngobrol sekalipun. Apalagi kalau ada deadline yang menanti, sekali terdistraksi bakal susah banget buat balik fokus lagi. Susah fokus pada tugas atau pekerjaan kemungkinan dikarenakan pikiran kita lagi kemana-mana, rasa cemas yang berlebihan atau multi tasking. Sehingga kamu nggak bisa tenang berkonsentrasi sama apa yang lagi kamu kerjakan. Bahaya kan kalau banyak tugas menumpuk yang akhirnya makin jauh proses #KejarMimpi mu L

 

Tantangan terbesar di era digital adalah distraksi oleh teknologi.

 

Kemajuan teknologi memang mempermudah kehidupan kita. Tapi secara nggak langsung, teknologi juga mengontrol psikis kita. Coba deh bayangin saat kita bermain gadget, otak kita mengkonsumsi berbagai informasi, sekaligus melakukan komunikasi secara virtual.

 

Terlebih lagi, aplikasi yang ada di gadget juga memanfaatkan rasa ingin tahu kita untuk melakukan lebih dari 1 aktivitas. Misal scrolling timeline media sosial, terus kita lihat ada foto bagus lalu diklik love. Setelahnya kita penasaran dengan akun profil tersebut, akhirnya diklik ke profil mereka sampai terus menerus melakukan aktivitas lain pada 1 aplikasi. Belum lagi fitur notifikasi yang mencuri perhatian kita untuk balik lagi ke gadget. Nah hal ini yang secara nggak sadar membuat kita terbiasa melakukan semua aktivitas serba cepat dan multi-tasking. Akhirnya kita susah fokus sama satu kegiatan.

 

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk kembali fokus?

 

Jauh sebelum perkembangan digital, manusia sebenarnya gampang banget untuk terdistraksi. Mengutip dari artikel CNN Indonesia, berdasarkan survei yang diadakan di 17 negara berbeda, hampir setengah atau lebih dari 10.000 pekerja mengatakan mereka berjuang untuk berkonsentrasi di kantor. Entah karena terlalu banyak yang dikerjakan, terlalu banyak ide atau aktivitas yang mengharuskan mereka berdiskusi dengan rekan kerja juga bisa bikin susah fokus.

 

Membuat diri kita mudah fokus itu keterampilan yang mudah dipelajari dengan membiasakannya. Tanpa perlu aplikasi atau alat bantu apapun, cuma butuh waktu dan percobaan dengan berbagai cara untuk meningkatkan fokus kemampuan otak. Kamu bisa memulainya dengan cara simple ini!

 

1. Do one thing at a time

Masih inget kan artikel Kejar Mimpi tentang skala prioritas. Nah kamu bisa coba aplikasikan konsep manajemen prioritas untuk mengembalikan fokusmu.

 

Distraksi terjadi karena kamu terlalu banyak pekerjaan yang dilakukan sekaligus. Mungkin bagi beberapa orang, multi-tasking itu kemampuan plus dalam bekerja. Tapi kalau terus-terusan dibiasakan juga nggak baik. Otak jadi terpaksa bekerja untuk fokus pada hal yang berbeda sehingga kerja otak jadi berantakan.

 

Kerjakan mana yang lebih penting dan mendesak, kesampingkan pekerjaan yang bisa dilakukan nanti. Targetkan berapa lama kamu akan menyelesaikan satu pekerjaan, lalu lanjut ke pekerjaan kedua. Perkirakan jumlah tugas yang dapat Anda kerjakan dalam sehari

 

 

2. Matikan notifikasi smartphonemu sementara

Setelah kamu tahu apa yang mau dikerjakan, coba untuk matikan notifikasi atau sekalian matikan  smartphonemu sementara. Notifikasi media sosial maupun sms dan telepon itu bisa dibilang sumber utama kita gampang terdistraksi. Matikan selama kamu fokus menyelesaikan satu pekerjaan.

 

 

3. Tulis semua ide yang ada di otakmu

Pikiran-pikiran yang ada di otak kita kadang membuat kita pusing sendiri. Akhirnya kita nggak fokus dan susah menyelesaikan satu pekerjaan. Coba deh tulis idemu, lalu tentukan mana yang menarik dan membuatmu percaya diri. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan temanmu yang bisa membantu menyelesaikan tugasmu.

 

 

4. Berhenti sejenak untuk nggak melakukan apa-apa

Perasaan stuck bisa jadi membuatmu nggak fokus dan akhirnya malah bikin stress sendiri. Coba berhenti sejenak, jauhi tugas yang lagi kamu kerjakan. Nggak perlu melakukan apa-apa. Biarkan pikiran kamu kosong dan berkeliaran. Kamu akan lebih merasa fresh setelahnya.

 

 

5. Refreshing dengan melakukan hobi dan quality time

Stress dapat menyebabkan otak kamu lelah dan nggak fokus. Di sini kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu suka. Misal membaca buku maupun nonton film. Selain hobi, quality time juga bisa merecharge diri dan lebih fokus keesokan harinya seperti mengobrol santai atau sekadar makan malam bersama keluarga.

 

 

Nggak mudah melatih konsentrasi untuk meningkatkan fokus kamu. Selama kamu niat dan mau mencoba mengatasinya pasti bisa kok kembali fokus #KejarMimpi mu. Selamat mencoba!

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?