Sudah Pernah Coba Salah Satu Dari Takjil Terbaik di Dunia?

Masuk minggu kedua puasa, kalian sudah buka puasa dengan menu takjil apa saja nih, Dream Warriors? Saat bulan puasa tiba, berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Makna takjil sebenarnya adalah menyegerakan berbuka, namun definisi takjil sebagai makanan berbuka sudah terlanjur digunakan secara umum. Masyarakat Indonesia biasanya mengindentikkan takjil dengan menu ringan untuk membatalkan puasa saat azan maghrib, dan biasanya memilih menghilangkan rasa dahaga dengan makanan atau minuman manis.

Di negara kita yang kaya akan kuliner ini, banyak sekali hidangan-hidangan khas untuk berbuka yang hanya dapat dijumpai ketika bulan puasa. Tapi ternyata tradisi ini tidak hanya berlaku di negara kita, lho. Negara-negara lain juga punya berbagai menu khas untuk disantap ketika berbuka. Ini beberapa menu buka puasa dari negara-negara Muslim.

1. Qatayef atau Pancake Arab Saudi

Qatayef atau Pancake Arab Saudi

Qatayef jadi menu wajib berbuka puasa di Kairo dan sekitarnya. Bentuknya mirip pastel dan dibuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis dan diisi dengan kacang kenari dan gula. Sentuhan akhirnya biasanya ditambahkan sirup atau madu. Hangat, manis dan gurih bercampur menjadi satu. 

2. Aseeda, Menu Takjil Sudan

Sama seperti di Indonesia, Sudan juga terbiasa untuk berbuka puasa dengan minum teh. Tapi teh tradisional asal Sudan kaya akan rempah-rempah dan menu makanan yang tidak boleh ketinggalan adalah Aseeda. Aseeda terbuat dari tepung gandum yang disajikan bersama madu dan butter. Rasanya yang manis bisa mengembalikkan energi setelah seharian berpuasa. 

3. Harira, Menu Favorit di Moroko yang Penuh Gizi

Di Maroko, biasanya masyarakat Muslim berbuka dengan cemilan kurma, manisan, susu atau jus. Tapi ada juga menu khas buka puasa yaitu Harira. Harira adalah sejenis sup yang terbuat dari rebusan daging domba yang dicincang dengan campuran kacang chickpea, tomat dan juga dibumbui dengan rampah-rempah. Bergizi dan mengenyangkan.

4. Bastani, Hidangan Es Krim Dengan Cita Rasa Eksotis Dari Iran

Bastani adalah hidangan es krim dari Iran yang memiliki cita rasa eksotis. Cita rasa eksotisnya berasal dari bahan dasarnya, yaitu telur, gula, air mawar, vanilla, pistachio dan susu yang semuanya dicampur menjadi satu lalu dibekukan hingga menjadi es krim. Bayangin kenikmatannya!

5. Samosa, Pastel Khas Pakistan

Berbuka umat Muslim di Pakistan nggak lengkap tanpa Samosa. Samosa adalah makanan khas mirip pastel berbentuk segitiga, berisi kentang pedas, bawang bombay cincang, kacang-kacangan dan daging cincang yang digunakan bisa berupa daging domba, daging sapi atau daging ayam.

 

Ternyata bukan cuma di Indonesia saja yang menyambut bulan puasa dengan meriah dengan menu khas untuk berbuka. Di luar negeri juga merayakan dengan gaya yang sama, bahkan menu buka disiapkan dengan istimewa. Ada salah satu dari menu ini yang pernah kamu coba, Dream Warriors?


Yuk bergabung di media sosial Kejar Mimpi untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi harian supaya kamu selalu semangat dan positif dalam mengejar mimpi :)

Instagram

Twitter

Facebook

YouTube

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?