Sudah Kasih Reward Untuk Diri Sendiri Belum?

Apa kabar progress #KejarMimpi mu saat ini? Di tengah proses dan usahamu dalam mewujudkan mimpi, pasti ada masa dimana kita merasa capek, stuck, stres. Ada kalanya rasa bosan menghampiri karena kita terlalu fokus dan terjebak pada rutinitas sehari-hari. Wah hal ini jangan sampai membuat kita terdemotivasi ya.

 

Bayangin kamu sudah kerja keras mengeluarkan seluruh jiwa dan raga hingga pencapaian saat ini. Walaupun belum sampai titik puncak, kamu tetep berhak bersenang-senang dengan memberikan penghargaan untuk diri alias self-reward. Bukan narsis, tapi semua itu demi kebaikan kamu juga kok.

 

Mengapa self-reward itu penting?

 

Rasa capek, bosan, stuck kalau dibiarkan begitu aja bisa-bisa kamu jadi stres dan depresi. Bahkan kamu nggak bikin kamu move on juga dari pekerjaan atau progress diri yang mau kamu capai. Nggak mau kan? Makanya di sini self-reward itu juga salah satu kebutuhan manusia selain sandang, pangan, papan. Menurut artikel dari JMC Academy Sydney, self-reward bisa mengembangkan kreativitas kita jika kita melakukan hal yang berbeda dari rutinitas sehari-hari. Jadi kalau kamu stuck nulis skripsi, coba rehat sejenak buat dirimu.

 

Menghadiahi dirimu atas kerja keras yang sudah dilakukan bisa mengembalikan motivasimu ketika merasa ingin menyerah. Ketika kamu menghadiahi diri sendiri, otak secara nggak langsung melepaskan hormon dopamine yang membuat kita merasa baik dan bahagia. Hormon ini yang juga menjadi obat stres sehingga pikiranmu kembali fresh. Self-reward juga bisa jadi bentuk rasa sayang pada diri sendiri dan semakin percaya diri. Lingkungan juga akan merasakan energi positif yang terpancar di dirimu.

 

Meskipun penting untuk menghargai diri sendiri, tapi nggak semua reward bisa berdampak positif bagimu. Misal kamu sudah berhasil mengerjakan satu bab skripsi, lalu kamu membebaskan diri bermain game seharian sampai lupa waktu. Atau kamu memberikan hadiah untuk diri sendiri dengan makan sepuasnya, tapi makanan yang dipilih kurang baik buat kesehatan. Self-reward bukan berarti balas dendam setelah capek berusaha. Bukan berarti menunda pekerjaan yang nggak dilanjutkan lagi. Bisa-bisa kamu malah jadi malas ngelanjutin apa yang mau kamu capai L Memilih bentuk reward yang salah, nggak akan membantumu membangun kebiasaan yang lebih baik. Makanya kita harus pintar memilih hadiah yang tepat untuk mengembalikan motivasi diri.

 

Apa aja bentuk self-reward yang positif buat diri sendiri?

 

1. Quality time bareng teman

Reward-mu bisa mengajak orang lain loh! Kamu bisa menghabiskan waktu bareng teman sekedar nongkrong di kafe, jalan-jalan di dalam kota atau cukup main ke rumahnya ngobrol apapun. Quality time bareng teman membuatmu lebih akrab dan bisa jadi kamu punya ide bisnis bareng mereka.

 

 

2. Menjadi volunteer di aksi sosial

Mengorbankan diri untuk orang lain yang membutuhkan juga merurpakan bentuk self-reward. Nggak ada salahnya untuk ikut menjadi bagian dari relawan di kegiatan sosial #KejarMimpi dengan aksi sosialnya di setiap daerah membuatmu merasakan hal baru yang menyenangkan. Bahkan kamu bisa ketemu temen baru yang memperluas relasimu.

 

 

3. Ikut kelas workshop

Sekarang sudah banyak komunitas yang menyediakan kelas workshop yang seru. Mulai dari kerajinan tangan, memasak, berkebun sampai kelas kepemimpinan yang serius. Mencoba hal baru dengan mengikuti kelas dapat membuka pikiran dan wawasanmu lebih luas dari rutinitasmu.

 

 

4. Nonton film marathon

Buat list film yang belum sempat kamu tonton selama kamu bekerja atau belajar. Lalu luangkan satu hari untuk menghabiskan list film tersebut. Mungkin dari cerita film itu, kamu bisa mendapatkan ide dan inspirasi baru yang berkaitan dengan tugasmu. Tapi jangan lupa untuk kembali melanjutkan hal yang mau kamu capai ya.

 

5. Kasih jeda waktu untuk nggak melakukan hal produktif.

Kamu bisa kok melak di rumah aja, nggak melakukan hal produktif apapun. Coba manfaatkan dengan tidur siang atau sekedar menikmati suasana pagi atau sore hari di rumah. Secara nggak langsung, kita juga bermeditasi untuk jiwa dan pikiran kita.

 

 

Proses #KejarMimpi memang butuh perjuangan dan pegorbanan yang nggak mudah. Semua orang pasti akan merasakan kerikil-kerikil yang nggak bisa diprediksi. Self-reward membuat kita untuk ingat bahwa kita ini manusia dan juga perlu dicintai. Memberikan hadiah untuk diri sendiri sebagai bentuk kepuasan atas kerja keras yang telah kita lakukan atau yang dicapai. Walaupun sudah merasa puas, seenggaknya ini jadi pengingat bahwa kamu bisa lebih dari apa yang sudah dicapai sampai hari ini. Semangat Dream Warriors!

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?