Penyebab munculnya rasa galau dan cara menyiasatinya

Semakin dewasa rasanya kamu semakin sering merasa galau. Rasanya hari-hari kamu penuh dengan yang namanya uring-uringan. Mood naik turun, “nasihat dewasa” yang kamu terima justru membuat kamu semakin bingung mengenai hal yang harus kamu lakukan.

 

Hal yang harus kamu pahami adalah selama hidup kamu akan selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan. Baik itu seputar kehidupan pribadi, keluarga, karir, pertemanan atau keuangan. Banyaknya hal yang harus kamu pikirkan dan putuskan akan membuat kamu rentan dari rasa galau, tapi jangan khawatir karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar.

 

Kamu bisa menyiasati rasa galau tersebut dengan memahami penyebab munculnya rasa galau tersebut. Apa saja sih penyebab dari munculnya rasa galau dan bagaimana cara menyiasatinya?

 

1. Terlalu memikirkan omongan orang lain

 

Berhenti risau dan khawatir dengan pendapat orang lain tentang kita, apalagi sampai kita berhenti melakukan hal yang kita suka. Kamu adalah orang yang paling mengerti dirimu, sedangkan orang lain akan punya sejuta cara untuk menilai kamu dengan opini mereka. Lakukan apa yang menurut kamu baik dan teruskan usahamu selama tidak merugikan orang lain.

 

2. Takut gagal dan takut mencoba

 

Semua manusia di dunia ini pasti pernah merasakan kegagalan dan mereka tetap mencoba dari awal. Kegagalan adalah pengalaman dan guru yang terbaik yang bisa kamu dapatkan di hidup ini. Gagal akan membuat kamu lebih dewasa dan lebih mawas diri dengan pilihan hidup di masa depan. Gagal adalah suatu hal yang mutlak dan nggak bisa dihindari. Kamu nggak pernah tahu apakah kamu akan gagal atau tidak sebelum kamu mencoba, bukan?

 

3. Terjebak di zona nyaman

 

Karena kamu takut gagal dan takut mencoba, akhirnya kamu terjebak di zona nyaman. Berada di zona nyaman dalam waktu yang panjang akan menumpulkan semangat kamu dan membuat kamu hilang gairah dalam menjalani hidup. Dalam titik ini biasanya rasa galau akan muncul. Niatkan diri kamu untuk lebih berkembang dan pilih kegiatan yang bisa meningkatkan kamu ke tujuan baru kamu.

 

4. Overthinking berlebihan

 

Kamu overthinking berlebihan terhadap sesuatu yang belum tentu kejadian. Pada akhirnya kamu bingung sendiri. Hidup untuk hari ini dan jangan khawatirkan masa depan yang masih belum terjadi. Cari penyebab kenapa kamu overthinking dan tulis ke dalam buku catatan kamu. Hal ini bisa membantu untuk memetakan hal-hal yang kamu pikirkan dan khawatirkan. Baca kembali tulisan kamu dan coret hal-hal yang nggak terlalu penting untuk dipikirkan.

 

5. Kamu ada di lingkungan yang nggak mendukung

 

Lingkungan tempat kamu berkegiatan dan bersosial nggak memberikan kamu motivasi positif yang bisa membantu kamu lebih semangat. Teman atau sahabat kamu nggak memberikan dukungan pada saat kamu sedang merasa galau atau justru semakin membuat kamu merasa galau.

 

Hubungan pertemanan yang baik adalah yang saling menguntungkan dan saling membangun satu sama lain. Salah pilih pertemanan bisa membuat kamu tersesat, pandai memilih teman akan menyumbang kesuksesan kamu di masa depan. Kamu pastinya mau kan punya teman-teman yang membantu kamu meniti langkah sukses  kamu dan merayakan kesuksesan bersama?

 

6. Kamu nggak realistis

 

Bermimpi tinggi itu boleh, tapi kamu harus realistis. Realistis tentang apa yang cita-citakan dan realistis dengan usaha yang dilakukan. Ketika kamu realistis, kamu sudah mempersiapkan diri untuk beberapa kondisi yang mungkin akan tidak mengenakkan buat kamu. Dengan begitu, kamu terhindar dari rasa galau.

 

Rasa galau berlebihan bisa kamu cegah dan hindari selama kamu bisa berpikiran positif dan percaya bahwa akan selalu ada pelangi setelah hujan badai. Galau dan uring-uringan berkepanjangan nggak bagus buat proses kejar mimpi kamu. Yuk, semangat.

 

Follow medsos gerakan sosial Kejar Mimpi untuk inspirasi dan motivasi harian kamu supaya kamu terhindar dari rasa galau.

Instagram

Twitter

Facebook

YouTube

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?