Memahami Pentingnya Mengasah Kemampuan Leadership dan Kreativitas di #KejarMimpi Leaders Camp

Kemampuan leadership dan kreativitas adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari seorang pemimpin. Banyak yang beranggapan bahwa kreativitas hanya dimiliki oleh mereka yang bekerja di bidang kreatif. Begitu juga dengan kemampuan leadership yang seolah hanya perlu dikuasai oleh para pemimpin. Padahal, apa pun bidang pekerjaannya, tiap orang seharusnya juga menguasai kedua hal tersebut.

Anggapan tersebut rasanya kurang tepat karena kedua hal itu penting dimiliki oleh tiap orang di berbagai bidang.

 

Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan leadership dan daya kreativitas. Misalnya, kamu bisa lebih sering membaca, mempelajari hal baru, hingga mengikuti program pelatihan kepemimpinan seperti Kejar Mimpi Leaders Camp. Melalui program ini, kreativitas dan kemampuan leadership kamu bakal diasah secara maksimal oleh para mentor, pembicara, dan aneka kegiatan positif yang dikemas secara fun dan edukatif.

 

Ide kreatif tidak datang begitu saja

 

Photo source: Freepik

 

Dari mana sih asalnya ide kreatif? Tentunya dari cara berpikir yang kreatif pula. Berpikir kreatif bisa membantu kamu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Jadi, solusi yang dihasilkan pun bakal kreatif pula. Masalahnya, berpikir kreatif itu tidak semudah mengucapkannya.

 

Itulah kenapa ada yang namanya brainstorming. Biasanya, brainstorming tidak dilakukan sendirian, tapi melibatkan beberapa orang. Semakin banyak kepala, semakin banyak pula ide yang bakal muncul. Dalam brainstorming, hal yang penting diperhatikan untuk memperoleh ide kreatif adalah dengan mempersilakan semua orang dalam tim mengutarakan pendapatnya. Selain itu, semua ide kreatif yang muncul juga harus dihargai. Memberikan saran atau kritik boleh saja, tapi jangan sampai bersifat menjatuhkan, ya.

 

Di Kejar Mimpi Leaders Camp, semua program yang dihadirkan akan mengasah ide kreatif. Melalui proses brainstorming, masing-masing tim maupun anggota tim yang sudah terbagi akan bertukar ide kreatif dalam memecahkan sebuah masalah. Contohnya, tim diberi sebuah permasalahan dan masalah tersebut harus dipecahkan ala start up. Mengapa start up? Karena start up merupakan sebuah perusahaan rintisan dengan modal kreativitas sebagai yang utama. Dengan kata lain, kreativitas kamu pun bakal benar-benar diasah.

 

Memberikan ruang yang luas pada ide kreatif

 

Hendriyadi, Pendiri Sahabat Pulau, dalam sesi sharing session di Kejar Mimpi Leaders Camp Jakarta-Bogor

Tina Seelig, profesor dari Stanford University dan penulis beberapa buku tentang ide kreatif, membagi faktor munculnya ide kreatif menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari imajinasi, pengetahuan, dan perilaku. Sedangkan faktor eksternal berupa habitat (lingkungan), budaya, dan sumber daya. Kedua faktor inilah yang harus diasah agar kreativitas seseorang tetap menyala.

 

Untuk itu, kamu bisa mencontoh sosok Hendriyadi, pendiri Sahabat Pulau yang juga menjadi pembicara di Leaders Camp. Berbekal ide kreatifnya, Hendriyadi mencoba memecahkan masalah masyarakat pesisir di bidang pendidikan dan pemberdayaan melalui program yang dia jalankan bersama anak muda seluruh Indonesia. Cara ini akhirnya berhasil.

 

Mengapa ide kreatif itu penting dan bagaimana cara meningkatkannya?

 

Arief Susanto, CEO Dusdukduk, saat memberikan sesi di Kejar Mimpi Leaders Camp Surabaya

Orang kreatif akan melihat sesuatu secara out of the box. Misalnya, ada seseorang yang bekerja di sebuah kantor memandang kertas dokumen tidak terpakai sebagai sampah. Namun, tidak bagi orang kreatif, dia akan berpikir sebaliknya dan bagaimana caranya agar kertas ini jadi benda berharga dengan kreasi yang unik. Hal inilah yang dilakukan oleh Arief Susanto CEO Dusdukduk yang memberikan sesi di Kejar Mimpi Leaders Camp Surabaya.

 

Tanpa memiliki ide kreatif, seseorang akan tergilas dalam kehidupannya dan susah untuk memecahkan sebuah masalah. Selain itu, kreativitas juga merupakan sebuah modal dalam menghadapi perkembangan zaman seperti saat ini. Itulah mengapa ide kreatif sangat penting. Cara meningkatkan kreativitas selain membaca, melihat situasi, dan diskusi ialah dengan mengikuti program inspiratif seperti Kejar Mimpi Leaders Camp. Di sinilah kamu akan mendapatkan ide-ide kreatif baru dari para pakar yang bekerja di industri kreatif.


Kamu mau mendapatkan inspirasi dan motivasi harian terkait dengan leadership dan kreativitas? Yuk bergabung di media sosial Kejar Mimpi sekarang.

 

Instagram

 

Twitter

 

Facebook

 

YouTube

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?