Mau Lancar #KejarMimpi? Kenali Diri Kamu Sendiri

Pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep pepatah tersebut kita terapkan ketika kita mau mencoba kenal seseorang dengan lebih dekat. Tapi.. faktanya.. kita cenderung lupa untuk menerapkan konsep itu ke diri kita sendiri.

 

Seberapa kenal dan dekat kamu dengan diri kamu sendiri? Kapan terakhir kamu berdialog, mengevaluasi dan mencerna diri kamu? Hmm.. sudah lama? Atau mungkin tidak pernah sama sekali?

 

Dream Warriors, mengenal diri sendiri sangat penting dan banyak manfaatnya dalam proses kejar mimpi. Tidak mengenali diri sendiri berarti kamu tidak menghargai keberadaan diri. Mengenali diri sendiri bukan cuma tentang menghargai, tapi juga membantu memaksimalkan potensi yang kita miliki. Untuk apa sih? Pastinya untuk bisa kejar mimpi memiliki kehidupan yang layak dan baik di masa depan nanti.

 

Apa sih pentingnya mengenai diri sendiri?

 

Jalan dan tujuan hidup akan lebih terarah

 

Dalam hidup pastinya kita dihadapkan dengan banyak pilihan – mulai dari pilihan berat yang bikin galau seperti karir atau cinta, sampai dengan pilihan ringan seperti destinasi liburan atau “nanti malam makan apa”. Menjawab dan menentukan pilihan akan lebih mudah ketika kita paham apa yang kita mau, yang kita suka atau kita idam-idamkan. Memahami apa yang sesuai dengan diri kamu akan membuat kita lebih mudah memetakan jalan yang harus dipilih.

 

Mencari solusi jadi lebih mudah

 

Kemampuan dalam membaca karakter diri kamu sangat penting untuk mencari solusi dalam sebuah masalah. Misal kamu adalah orang yang tidak suka konflik. Ketika kamu dihadapkan masalah, kamu akan mengambil jalan tengah sebagai solusi dari masalah tersebut. Kamu akan mementingkan kepentingan diri dan pihak-pihak lain yang terlibat, sehingga tidak timbul masalah.

 

Bisa berkompromi dengan diri sendiri

 

Di era serba cepat seperti sekarang ini, sangat mudah untuk kita hanyut dalam ambisi dan kebutuhan untuk selalu serba cepat. Kamu akan dengan mudah untuk merasa burnout dan lelah dengan tuntutan dan rutinitas harian. Keberhasilan kamu mengenali diri sendiri akan membantu untuk berkompromi dalam mengatur kapan waktunya untuk beristirahat dan kapan waktunya untuk “tancap gas”.

 

Lebih mudah bersosialisasi

 

Dalam hidup bermasyarakat, pastinya kamu dihadapkan dengan berbagai macam kepribadian. Beda kepribadian, beda juga cara sosialisasinya. Untuk paham cara sosialisasi yang baik, tentunya kamu harus paham karakter diri kamu. Jika kamu termasuk karakter yang senang membuka percakapan dengan orang baru, kamu bisa berinisiatif untuk menjadi ‘leader’ dalam komunitasmu atau memanfaatkan karakter kamu ini dengan menjaring network baru.

 

Bisa menerima kondisi diri

 

Manusia tidak ada yang sempurna. Kamu pasti punya kelebihan dan kekurangan. Semua kelebihan kamu sewajarnya dimanfaatkan untuk mengembangkan diri, dan semua kekurangan kamu agar diperbaiki. Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri bisa membantu kamu untuk ikhlas menerima diri sendiri, sehingga kamu jauh dari rasa cemburu dan negatif.

 

Tahu potensi diri untuk sukses di masa depan

 

Mengetahui diri sendiri termasuk dengan mencari tahu potensi-potensi yang kamu miliki. Kamu bisa mengoptimalkan seluruh potensi kamu untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan. Ketika mengenali diri sendiri, kamu akan menjadi lebih mudah dalam membangun komunikasi dan network dengan orang lain. Kepedulian kamu akan terbangunkan, begitu juga dengan rasa tanggung jawab kamu.\

 


 

Knowing yourself is the beginning of all wisdom – Aristotle

 

Mengenali diri sendiri adalah awal dari kekuatan setiap diri kita untuk melangkah. Kita lebih mudah untuk memaksimalkan kekuatan dalam diri kita dan memperbaiki apa yang kurang.

 

Mengenali diri sendiri juga bisa dilakukan dalam komunitas dan kegiatan-kegiatan yang positif. Di gerakan sosial #KejarMimpi, kamu bisa bertemu dengan banyak teman dari seluruh Indonesia yang memiliki cerita dan latar belakang yang berbeda untuk berdiskusi dan bertukar pikiran sehingga bisa membuka pikiran kamu untuk meningkatkan potensi diri. Kamu juga bisa mengikuti seminar inspiratif Kejar Mimpi Leaders Camp yang diadakan di universitas-universitas di kota-kota di Indonesia.

 

Pastikan kamu sudah bergabung dengan gerakan sosial Kejar Mimpi di media sosial untuk mendapatkan informasi kegiatan Leaders Camp dan kegiatan komunitas lainnya.

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?