Lakukan kebiasaan ini untuk #KejarMimpi membentuk mental yang kuat

Johnny Cash, musisi kenamaan asal Amerika Serikat, dalam lirik lagunya yang berjudul “A Boy Named Sue” mengatakan:

 

“Life is rough, so you gotta be tough”

 

Hidup ini berliku-liku. Adakah hidup seseorang yang selalu lancar dan baik-baik saja? Bahkan orang besar dan sukses sekalipun pernah melewati titik rendah dalam hidupnya. Seperti Jack Ma, pendiri Alibaba Group, yang melewati puluhan kegagalan sampai akhirnya sukses kejar mimpi menjadi pengusaha besar.

 

Untuk mencapai hal yang besar, kamu harus merangkak dari bawah dan melewati beragam tantangan. Untuk bisa kejar mimpi dan bisa menjadi orang sukses, kamu akan terbentur dengan tekanan dan rasa stres sehingga kamu membutuhkan mental yang kuat untuk bisa maju terus dan pantang mundur. Mental yang lemah hanya akan menghalangi kamu untuk berpikir positif dan kamu akan terjebak dengan pola pikir yang mengkerdilkan diri kamu sendiri.

 

Apapun yang kamu hadapi dalam hidup, mental yang kuat adalah solusinya. The Huffington Post menyebutkan, Thomas Edison pernah diuji mentalnya ketika pabrik yang ia dirikan terbakar pada tahun 1914. Kejadian itu menghancurkan prototype buatannya, dan kerugian mencapai US$23 juta. “Semua kesalahan kita sudah habis terbakar. Sekarang kita bisa memulai lagi dari awal.” Respon Edison saat menghadapi musibah tersebut.

 

Reaksi Edison adalah bukti kekuatan mental yang melihat kesempatan dan mengambil reaksi terhadap suatu masalah.

 

Mental kuat bisa dimiliki dengan cara berlatih. Ada sejumlah kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk memiliki mental yang kuat. Beberapa diantaranya adalah:

 

 

1. Ingat Tuhan

 

Mental akan kuat kalau kamu merasa memiliki dukungan. Dukungan terkuat di dunia adalah Tuhan. Jadi, ingatlah Tuhan sesering mungkin agar mental kamu kuat. Percaya bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan manusia.

 

2. Atur emosi

 

Kamu tidak akan bisa memiliki mental yang kuat tanpa kemampuan memahami dan mengendalikan emosi negatif di dalam diri. Memiliki kecerdasan emosional atau EQ adalah wajib untuk membangun mental yang kuat. Kamu bisa berlatih dengan cara membuka pikiran, belajar mengutarakan apa yang kamu rasa dan pikirkan, mengenali dan mengelola emosi orang lain, serta introspeksi diri.

 

3. Hiraukan omongan orang lain

 

Orang yang mengatakan bahwa kamu tidak berbakat, tidak akan sukses dan tidak bisa berubah adalah orang yang tidak ingin melihat kamu menjadi besar. Fokus pada proses kejar mimpi kamu dan jadikan cemoohan orang lain sebagai motivasi kamu untuk lebih sukses.

 

4. Asah kemampuan diri

 

Mengasah kemampuan diri dan menambah skill dalam diri akan membuat kamu lebih percaya diri dan menjadikan mental lebih kuat. Kamu akan merasa diri kamu berharga dengan ilmu yang kamu miliki. Asah kemampuan diri dengan mengikuti workshop atau pelatihan, kursus online atau semudah memiliki hobi yang di luar dari rutinitas harian kamu.

 

5. Menghadapi orang yang ‘sulit’

 

Menghadapi orang yang sulit diajak berdiskusi atau lainnya menjadi momen kamu untuk melatih mental. Kamu dituntut untuk mengontrol dengan baik interaksi dengan orang tersebut sehingga bisa membuat suasana menjadi lebih baik. Kamu juga dituntut untuk melakukan pendekatan secara rasional sehingga tidak bermain dengan emosi atau baper.

 

6. Adaptasi dengan perubahan

 

Orang yang bermental kuat adalah yang tidak gugur saat perubahan melanda. Kamu harus punya jurus fleksibel dan harus bisa beradaptasi, tidak khawatir akan perubahan karena kamu paham bahwa tidak ada yang lebih sedih di dunia ini selain terjebak di comfort zone. Kamu percaya bahwa menerima perubahan dan keluar dari zona nyaman adalah kunci untuk menjadi lebih baik dan sukses kejar mimpi.

 

7. Menerima kegagalan

 

Anggap kegagalan sebagai proses menuju kesuksesan. Setiap orang tidak ada yang tidak gagal, dan ketika kamu gagal, kamu sama sekali tidak sendirian. Bersyukurlah ketika kamu gagal, karena dengan begitu kamu diberikan kesempatan untuk mencoba lagi dari awal dengan cara atau metode yang lebih baik.

 

8. Rutin berolahraga

 

Hasil studi yang dirilis oleh Eastern Ontario Research Institute mengatakan bahwa orang yang berolahraga dua kali seminggu dalam 10 minggu akan meningkat kemampuannya tidak hanya fisik, tapi juga intelektual dan sosial.

 

9. Gunakan media sosial dengan bijak

 

Tidak bisa dipungkiri, media sosial berkontribusi dalam isu kesehatan mental yang marak dibicarakan belakangan ini. Media sosial memberikan kesempatan untuk orang dalam mengkurasi hidupnya dan hanya memperlihatkan gambaran kehidupan yang indah dan sempurna. Hal ini berdampak pada kecemburuan dan perasaan tertinggal bagi orang yang melihatnya. Batasi penggunaan media sosial kamu setiap harinya. Coba lah bereksperimen dengan tidak menggunakan media sosial selama beberapa minggu.

 

10. Beraktivitas di luar ruangan

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Proceedings of the National Academy of Science menunjukkan bahwa berjalan kaki di alam terbuka selama 90 menit terbukti menunrunkan aktivitas otak di bagian subgenual prefrontal cortex. Bagian ini aktif ketika sedang berpikiran negatif. Lakukan aktivitas luar ruangan seperti jalan kaki di taman kota, trekking, naik gunung, atau sesederhana duduk di halaman rumah sambil membaca buku.

 

11. Hargai diri sendiri

 

Salah satu penyebab mental yang lemah adalah ketika kamu membandingkan diri dengan orang lain. Refleksikan diri dan lihat potensi yang bisa kamu kembangkan. Apakah kamu jago menulis lagu? Fokus pada kekuatan itu dan kembangkan menjadi karya yang bisa kamu banggakan. Dengan begitu kamu memiliki satu hal yang bisa dibanggakan dari diri kamu sendiri.

 

12. Lupakan masa lalu dan jangan khawatirkan masa depan

 

Hidup di masa sekarang dan lupakan masa lalu supaya kamu tidak terjebak dalam penyesalan atau kesedihan. Fokus pada hari ini dan rencana kamu ke depan. Jangan juga terlalu khawatir dengan nasib kamu di masa depan karena masa depan belum tiba. Hidup lah di hari ini dan nikmati.

 

13. Konsultasi dengan psikolog atau psikiater

 

Tidak ada salahnya berkonsultasi dan meminta bantuan dengan psikolog untuk membantu merubah mental kamu yang sedang lemah. Kesehatan mental kamu adalah bagian dari menjaga kesehatan tubuh.

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?