Ketahui Keunggulan dan Tantangan Milenial Untuk Bisa Sukses #KejarMimpi

Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada rentang tahun 1980 - 2000 dan saat ini tengah mendominasi dunia kerja. Seperti yang dilansir dari Tempo, pakar kreatif Yoris Sebastian mengatakan bahwa sebanyak 50% orang yang produktif di dunia kerja adalah generasi milenial. Saat ini adalah tahun-tahun produktif mereka, sehingga kamu yang termasuk dalam generasi milenial harus jeli mengetahui keunggulan dan tantangan kamu supaya lebih siap untuk kejar mimpi dan sukses dalam karir. Yuk, kenali berbagai keunggulan dan tantangan dari generasi milenial.

Keunggulan:

Cenderung lebih tech-savvy

Dilansir dari halaman situs Kominfo.go.id, sebuah laporan dari Ericsson mencatat bahwa produk teknologi akan mengikuti gaya hidup generasi milenial. Seiring dengan hal ini, pergeseran perilaku pun akan terjadi. Tidak heran kalau milenial dikenal sebagai generasi yang lebih tech-savvy dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bagaimana tidak, gadget sudah menjadi bagian dari gaya hidup milenial yang tidak bisa dipisahkan. Gaya hidup sehari-hari milenial sangat mengandalkan smartphone, tablet, dan laptop untuk melakukan banyak hal produktif untuk sukses kejar mimpi. Mulai dari mencari informasi baru, ikut online course sampai dengan berkomunikasi dengan teman atau klien. 

Lebih fleksibel dan adaptif terhadap perubahan

Milenial dikenal sebagai generasi yang cenderung fleksibel dalam menghadapi perubahan. Di era digital seperti sekarang, hampir segala sesuatunya berubah dengan cepat dan generasi milenial memiliki keunggulan dalam hal ini. Generasi milenial mampu beradaptasi secara lebih mudah saat dihadapkan dengan sebuah perubahan, baik dalam situasi kerja atau lainnya. Selama tidak menghalangi mereka untuk terus berkarya, generasi milenial akan terus adaptif terhadap perubahan.

Tidak hanya peduli soal uang

Tidak dipungkiri, kita bekerja agar mendapatkan penghasilan dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi ternyata, bekerja karena uang bukan hal yang menjadi motivasi utama generasi milenial. Mereka justru lebih mengutamakan pengalaman. Generasi milenial cenderung akan mengambil kesempatan pekerjaan yang bisa memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. Passion seperti inilah yang dikejar oleh generasi milenial.

 

Tantangan:

Harus fokus pada kekuatan diri sendiri

Dengan banyaknya jenis konten yang muncul di media sosial, memang susah rasanya untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain. Tren Fear of Missing Out (FOMO) memperburuk kondisi ini. Ada secuil perasaan gelisah atau merasa kurang berhasil ketika melihat orang lain berhasil melakukan sesuatu. Keberhasilan orang lain seharusnya bisa menjadi motivasi kamu untuk terus kejar mimpi dan kamu bisa belajar dari keberhasilan mereka. Di sinilah generasi milenial harus mengingat kelebihan dan kekuatan yang dimiliki, karena setiap orang pasti punya kelebihan dan porsinya masing-masing. Fokus pada kekuatan diri sendiri dan mengarahkannya untuk membantu kamu kejar mimpi.

Komitmen dan konsistensi yang kuat

Dalam proses kejar mimpi, pasti akan ada saja distraksi yang mengalihkan perhatian kamu dari tujuan utama, apalagi di era digital yang perubahannya begitu cepat dan konten menarik yang bertebaran di media sosial. Tidak ada salahnya merasa penasaran dengan distraksi tersebut. Namun, kamu harus tetap berkomitmen untuk mencapai target yang sudah kamu tetapkan. Ingat-ingat kembali niat awal kamu, berusahalah sekuat mungkin untuk terus konsisten berusaha dalam mengejar mimpi. 

Nah, dengan mengetahui berbagai keunggulan dan tantangan tersebut, semoga kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk kejar mimpi dan mewujudkannya ya. Selain memahami keunggulan dan tantangan diri, kamu juga harus terus meningkatkan kemampuan soft skill agar bisa unggul di tengah daya saing yang begitu tinggi.

Gerakan sosial Kejar Mimpi memiliki program Kejar Mimpi Leaders Camp yang bisa membantu kamu meningkatkan soft skill, dipandu oleh pembicara inspiratif dari berbagai industri. Dikemas dalam konsep talkshow yang fun dan inspiratif, Kejar Mimpi Leaders Camp tahun ini diadakan di 10 kota di Indonesia. Kamu tertarik untuk bergabung, meningkatkan soft skill dan berkenalan dengan teman baru? Yuk, follow media sosial Kejar Mimpi supaya tidak ketinggalan informasi jadwal Leaders Camp selanjutnya.

Instagram

Twitter

Facebook

YouTube

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?