Ketahui Cara Mengatur Keuangan yang Tepat Untuk Anak Muda

Dream warriors, kalian sadar nggak … kalau pengeluaran kecil yang sering kita keluarkan setiap hari cenderung luput dari perhatian kita dan dianggap sepele. Seperti contohnya membeli kopi di coffee shop, rokok, atau makan siang di mall. Kalau dilakukan setiap hari selama satu tahun, bayangkan berapa pengeluaran kamu yang seharusnya bisa kamu sisihkan untuk menabung.

 

Mengatur keuangan adalah salah satu yang harus kamu atur di kehidupan ini. Jangan tunggu saat keuangan sudah mapan baru kamu mau mengatur keuangan. Manajemen keuangan harus mulai dilatih sejak dini supaya kamu terbiasa.

 

Dari diskusi dengan anak-anak muda yang #KejarMimpi temui di beberapa daerah, banyak dari mereka yang cenderung living in the now atau pengatur konsep hidup You Only Live Once garis keras. Mereka tidak pusing dengan hari esok. Prinsipnya “besok ya gimana nanti aja deh.” Apakah prinsip itu salah? Tergantung pola pikir dan cara pandang. Apakah prinsip itu bijaksana? Tentu tidak, karena menjadi dewasa adalah termasuk dengan memikirkan kesejahteraan diri di masa depan salah satunya dengan mengatur keuangan.

 

Menabung atau mengatur keuangan tidak berarti kalian berhenti bersenang-senang. Mengatur keuangan berarti kalian lebih bijak dalam mengatur pengeluaran dan tidak memaksakan kehendak untuk membeli ketika memang tidak butuh atau belum ada biayanya.

 

Buang jauh anggapan bahwa menabung itu sulit. Ada beberapa cara mengatur keuangan yang cocok dilakukan oleh anak muda, tanpa menghambat gaya hidup masa kini. Apa aja sih? Yuk disimak.

 

Cara Pertama: Menabung dengan Memisahkan Keuangan

 

Dari pemasukan bulanan yang kamu terima, kamu harus memecahnya menjadi dua rekening. Rekening A khusus untuk pengeluaran operasional harian kamu dan rekening B khusus untuk menabung. Dengan begitu, uang tabungan kamu akan aman dan tidak tercampur dengan pengeluaran keperluan sehari-hari. Rekening yang ditujukan untuk menabung sebaiknya jangan dibuat fasilitas kartu debit supaya kamu tidak tergoda untuk melakukan pengeluaran dari rekening tersebut.

 

Cara Kedua: Buat Alokasi Anggaran

 

Cara ini menganut prinsip “Cukup nggak cukup ya dicukup-cukupin”. Setiap bulannya kamu wajib membuat anggaran operasional dengan alokasi biaya anggaran yang sudah ditentukan. Berapa biaya untuk makan dan minum selama di luar rumah, biaya lifestyle seperti kumpul dengan teman, beli buku, dll; dan keperluan biaya bulanan lainnya. Jangan melakukan pengeluaran di luar dari biaya anggaran yang ditentukan. Pola ini baik untuk kamu belajar disiplin terhadap pengeluaran.

 

Cara Ketiga: Buat Tujuan Jangka Panjang

 

Menabung dan mengatur keuangan akan lebih menyenangkan kalau kamu punya tujuan yang dikejar. Misalnya kamu mau punya rumah atau pergi haji di usia muda. Kamu bisa mulai merencanakan anggaran keuangan untuk tabungan rumah atau pergi haji mulai dari sekarang. Dengan memiliki tujuan keuangan seperti ini, secara otomatis kamu akan hemat dan lebih berhati-hati dalam pengeluaran.

 

Cara Keempat: Menyiapkan Tabungan Hari Tua

 

Walaupun kamu masih muda, kamu harus buang jauh-jauh pemikiran bahwa menyiapkan tabungan hari tua atau dana pensiun bisa dilakukan nanti saat sudah tua. Seperti halnya prinsip kejar mimpi, semakin dini kamu memulai, semakin dini pula hasil yang akan kamu tuai. Selagi usia kamu masih muda, fokuskan keuangan kamu untuk menabung jangka panjang, karena kebutuhan hidup akan meningkat seiring bertambahnya usia. Kamu akan menikah, punya anak, harus keluar uang untuk kebutuhan rumah dan pendidikan, dan lain sebagainya.

 

Selain itu, produktivitas kamu akan semakin menurun semakin bertambahnya usia. Kalau tidak menyiapkan tabungan hari tua selagi muda, masa tua bisa jadi akan terbebani karena kamu tidak cukup bekal untuk hari tua nanti.

 

Cara Kelima: Memulai Investasi

 

Kamu sudah keempat cara di atas dan masih ada sisa uang yang bisa kamu kelola? Tidak ada salahnya untuk belajar berinvestasi karena investasi penting dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan yang terencana maupun tidak terencana di masa datang seperti dana pendidikan, dana kesehatan ataupun dana pensiun. Selain untuk mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa datang.

 

Kamu bisa memilih beragam investasi, mulai dari reksa dana, valuta asing, investasi emas, hingga investasi properti. Untuk pemula, biasanya akan memilih investasi reksa dana. CIMB Niaga memiliki beberapa jenis produk reksa dana yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mempelajari jenis produk, manfaat dan keuntungannya di website CIMB Niaga ya.

 

Perencanaan keuangan berfungsi sebagai panduan dalam melangkah ke masa depan. Mengutip Ben Bernanke, seorang ekonom asal Amerika Serikat:

 

“Perencanaan keuangan yang benar, seperti membuat alokasi anggaran, menabung untuk dana darurat, berinvestasi, serta menyiapkan biaya untuk masa pensiun dapat membantumu hidup lebih sejahtera, meskipun ada badai keuangan.”

 

Yuk, sama-sama kita kejar mimpi merencakan masa tua yang sejahtera :)

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!