Keputusan Tepat Untuk Kamu Ambil di Usia 20-an

Banyak orang yang bilang kalau usia 20-an adalah usia yang paling krusial dan penting. Di usia ini kamu mengalami masa peralihan yang menentukan arah hidup dan kesuksesan yang akan kamu raih. Di usia ini pula kamu akan merasa sudah dewasa karena sudah bisa menghasilkan uang sendiri, sedang sibuk-sibuknya kerja dan meniti karir, dan sudah punya prinsip atas jalan hidupmu.

 

Usia 20-an menjadi tolak ukur kedewasaan. Secara psikologis, seseorang yang menginjak usia 20 tahun dianggap sudah cukup mampu dalam hal perencanaan, pengambilan keputusan, serta konsekuensi akibat tindakan. Oleh karena itu kamu harus paham bagaimana bertindak yang baik dan keputusan apa saja yang harus kamu ambil di usia 20-an. Kenapa? Karena usia 20an akan membentuk diri kamu selamanya.

 

Apa saja sih keputusan yang tepat untuk kamu ambil di usia 20-an?

 

1. Meluangkan waktu untuk keluarga dan orang terdekat

 

Di usia 20-an kamu akan mulai sulit mengatur prioritas karena kamu mengerjakan banyak hal. Kamu terjebak dalam rutinitas karena fokus dalam pekerjaan dan pencapaian materi. Abai dengan keluarga dan orang terdekat, melewatkan momen-momen berharga dengan mereka adalah hal yang akan kita sesali ketika sudah tua nanti.

 

Sesibuk apapun kamu, luangkan waktu untuk orang tercinta. Di masa-masa sedih dan jatuhmu dalam proses kejar mimpi, keluarga dan orang terdekat lah yang akan menemani dan membantumu untuk bangkit.

 

2. Bertemu dengan orang baru dan melakukan networking

 

Usia 20-an jangan kamu lewatkan dengan mager dan melakukan hal kurang berguna. Jauhkan diri kamu dari rasa malas dan malu untuk bertemu orang baru. Membangun networking sudah menjadi hal yang wajib dilakukan kalau kamu mau sukses kejar mimpi.

 

3. Temukan hal baru dari hobi kamu

 

Di tengah kesibukan, kita cenderung melakukan hal yang sama setiap harinya. Rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat kita kehilangan ‘nafsu’ untuk mencoba hal baru karena sudah terlalu nyaman dengan pola yang sama. Coba temukan hal baru dari hal yang kamu suka. Misalnya kamu suka membaca buku, coba bergabung di book club yang ada di kota kamu untuk ikut kegiatan bedah buku sekaligus juga bertemu dengan teman-teman baru.

 

4. Belajar sabar dan tidak stress

 

Merupakan hal yang wajar ketika kamu ingin membuat kemajuan drastis dan cepat di usia 20-an. Banyak hal yang kamu lakukan dalam satu waktu karena kamu ingin mengakselerasi proses kejar mimpi kamu. Dampaknya kamu akan menjadi orang yang tidak sabaran dan cenderung diliputi dengan perasaan stres. Belajar untuk sabar dalam berproses dengan mengadopsi prinsip one step at a time. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari rasa stres yang tidak baik untuk kesehatan kamu.

 

5. Belajar sebanyak yang kamu bisa dan mampu

 

Penyebab pikun di usia tua adalah karena manusia cenderung lupa untuk mengasah kemampuan otaknya dengan berhenti belajar. Jangan lewatkan masa muda kamu dengan sibuk mencapai materi dan status sosial namun lupa mengisi kapasitas diri dengan ilmu. Menjadi orang yang resourceful dengan terus belajar dan mengasah kemampuan diri juga sangat berguna untuk kamu kejar mimpi, lho.

 

6. Keluar dari zona nyaman

 

Keluar dari zona nyaman adalah nasihat terkenal dari setiap orang yang sudah sukses. Sepenting itu dampak dari ketika kamu berani keluar dari zona nyaman. Bukan hanya sebagai langkah awal untuk kejar mimpi mencapai kesuksesan, tapi banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapat ketika berani keluar dari zona nyaman. Kamu jadi bisa meningkatkan wawasan, lebih mengenal diri sendiri, bisa meningkatkan kapasitas diri, memahami dunia dan orang lain. Selain itu, keluar dari zona nyaman juga akan membuat kamu menjadi orang yang interesting karena kamu akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan kritis.

 

7. Menguasai satu hal yang kamu kuasai

 

Mencoba banyak hal di usia 20-an adalah hal yang umum dilakukan, tapi ada baiknya kamu fokus dalam satu hal dan menguasai hal tersebut secara mendalam. Jadikan penguasaan kamu terhadap suatu hal sebagai ciri khas kamu di masa depan. Misalnya kamu sedang kejar mimpi menjadi seorang pelukis dan sedang melukis dengan teknik watercolor. Lakukan dan kuasai teknik itu sampai orang-orang mengenal kamu sebagai si pakar lukis watercolor.

 

8. Lakukan self-improvement secara konsisten dan terus menerus

 

Melakukan pengembangan dan perbaikan diri tidak bisa dilakukan dengan melakukan posting quotes positif di media sosial atau sebatas menyimpan info dan tips berguna di handphone kita tanpa ada satu pun yang coba diaplikasikan di kehidupan kamu.

 

Self-improvement harus dilakukan dalam bentuk aksi, konsisten dan terus menerus. Sekecil apapun usaha kamu untuk mengembangkan diri, lakukanlah terus tanpa berhenti. Small progress is still a progress.

 

9. Terapkan kebiasaan dan rutinitas yang positif

 

Di usia 20-an, kamu akan menghadapi sisi positif dan sisi negatif kehidupan. Dua hal ini tidak bisa kamu hindari. Tapi kabar baiknya, semua ada dalam kendali kamu untuk memilih lebih dominan ke hal yang positif atau negatif. Pastinya untuk bisa sukses kejar mimpi, kamu akan memilih gaya hidup dan rutinitas yang positif seperti berolahraga, makan makanan yang sehat, tidur cukup dan pilihan hidup yang positif lainnya. Dengan begitu, kamu akan menjalani hari dengan rasa optimis, fokus, dan seimbang.

 

10. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang positif

 

Kamu berhak memilih dengan siapa kamu akan bergaul, namun memilih pergaulan yang baik adalah salah satu keputusan yang tepat yang bisa kamu ambil di usia 20-an. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang bisa menginspirasi kamu sehingga kamu termotivasi untuk terus maju. Dekatkan diri kamu dengan orang-orang yang selalu ingat untuk berbagi, termasuk berbagi ilmu. Karakter atau kepribadian kamu sedikit banyak dibentuk dari lingkungan dan perteman yang kamu pilih. Jadi selektif dalam memilih teman itu penting ya, Dream Warriors.

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?