Kebiasaan Positif yang Bisa Diterapkan Di Tahun 2020

Beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun 2020. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun baru identik dengan evaluasi, semangat baru, hingga membuat resolusi.

 

Apapun niat perubahan yang kamu lakukan, kunci dari keberhasilannya adalah konsistensi. Daftar resolusi tahun barumu akan percuma kalau kamu cuma senang membuatnya saja, tapi mengabaikan pengaplikasiannya. Masuk di bulan Februari, eh udah lupa tuh sama yang namanya resolusi.

 

Membuat perubahan ke arah yang positif sebenarnya tidak perlu menunggu tanggal 1 Januari. Tanggal 1 Januari akan berjalan sama seperti tanggal yang lain, hanya saja momentum pergantian tahun menjadikan tanggal 1 Januari seperti mempunyai kekuatan magis yang bisa membawa perubahan instan ke diri kita.

 

Memangnya begitu? Ya nggak gitu juga kali :’)

 

Daripada kamu bolak balik merevisi resolusi tahun baru yang kemungkinan besar duplikasi dari tahun-tahun sebelumnya (hehehe), yuk lakukan perubahan kecil yang positif di tahun depan.

 

Berikut ini beberapa kebiasaan positif yang bisa kamu terapkan di tahun 2020, yang dampaknya besar untuk hidup kamu.

 

 

1. Self-love

 

Orang beranggapan bahwa self-love atau mencintai diri sendiri merupakan hal yang egois. Padahal, arti self-love adalah mencintai diri kita apa adanya, menghargai semua hal yang terkait dengan diri kita baik dari segi fisik, pikiran maupun hati.

 

Mencintai diri sendiri adalah hal yang penting dalam hidup kita. Tanpa kita sadari, praktik mencintai diri sendiri membuat kita memiliki pandangan positif terhadap hidup. Dengan meningkatkan self-love, kita jadi bisa merasakan bahagia dengan cara yang sederhana.

 

 

2. Bersyukur

 

Lakukan praktik bersyukur kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun. Bersyukur adalah salah satu keadaan diri yang paling kuat dan memberikan transformasi besar dalam kehidupan karena rasa syukur akan merubah pola pikir kamu dari kekurangan menjadi keberlimpahan dan menjadikan kamu pribadi yang fokus hanya pada hal-hal yang baik.

 

Dalam segala rasa syukur dan terima kasih yang kamu ucapkan setiap hari, kamu akan membuka kemungkinan hidup yang lebih luas lagi. Rasa syukur akan merubah hasil yang sedikit menjadi besar.

 

Contohnya ketika kamu ikhlas membantu teman mengerjakan bisnisnya dengan biaya yang secukupnya, bisa jadi hal itu menjadi peluangmu untuk dipertemukan dengan rekan temanmu yang memberikan kamu rezeki yang lebih besar.

 

Ketika kamu bangun tidur dengan rasa penuh syukur atas apa yang kamu punya, dijamin kamu akan menjadi orang yang selalu bahagia.

 

 

3. Memahami alasan di balik sebuah kejadian

 

Life is not always sunshine and rainbow, right? Ada kalanya kamu merasa kamu ada di puncak dunia, ada kalanya juga kamu akan terpuruk karena kegagalan atau kesedihan.

 

Kita menjalani hidup dalam satu paket suka dan kenyataan bahwa kita akan mengalami duka. Nah, kenyataan duka ini seringkali sulit untuk diterima. Satu hal yang harus dimengerti adalah bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini memiliki alasan dan tujuan tertentu sehingga kita bisa belajar dari kejadian tersebut.

 

Bisa jadi kamu tidak diterima di perusahaan impian kamu karena ternyata di kultur di perusahaan tersebut tidak cocok dengan pribadi kamu yang perlu melakukan eksplorasi dalam bekerja. Bisa jadi kamu tidak mendapatkan kesempatan masuk universitas yang diinginkan karena ternyata kamu diberikan jalan untuk mengambil gap year dan mendefinisikan ulang passion kamu dalam mengambil jurusan. Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian, kan

 

Hidup ini adalah tentang perjalanan, bukan tujuan akhir. Open your eyes, expand your horizon and see things in a different perspective. Belajar untuk memprogram pikiran kamu bahwa kejadian atau kenyataan yang sedang kamu alami adalah fase kamu untuk berpetualang untuk mendapatkan yang lebih baik. Dengan begitu, kamu akan terus memotivasi dan terdorong untuk melalui fase tersebut.

 

Di masa-masa sulitmu, kamu bisa mengajukan pertanyaan seperti berikut:

 

Apa hikmah yang bisa aku ambil dari kejadian ini?

 

Apa yang harus aku pelajari?

 

Apa yang harus aku rubah?

 

Kemana langkahku selanjutnya?

 

Bagaimana caraku untuk move on?

 

 

4. Self-care

 

Self-care adalah tentang memilih menjalankan kehidupan yang benar-benar terasa nyaman, bukan hanya terlihat menyenangkan. Kegiatan self-care memungkinkan kita untuk menjaga kesehatan mental kita dan membantu kita menjalani kehidupan yang seimbang.

 

Berikut ini adalah aktivitas self-care yang paling mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari:

 

Beristirahat.

 

Kita bukan mesin atau robot yang bisa beroperasi tanpa batas; terkadang kita perlu istirahat dan bersantai. Ketika otak dan tubuh rileks, kita akan terhindar dari stres atau rasa cemas yang tidak baik untuk kesehatan mental.

 

 

Fokus pada hal yang menjadi prioritas

 

Buat 1 s/d 2 daftar tugas atau pekerjaan yang menjadi prioritas utama, tidak mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, dan mengesampingkan aktivitas yang tidak perlu.

 

 

Jadikan perawatan diri sebagai rutinitas harian kamu

 

Apa saja sih perawatan diri sederhana yang bisa dilakukan?

- Mandi air hangat

- Stretching setelah bangun tidur di pagi hari

- Selalu terhidrasi

- Tidak menggunakan perangkat elektronik 2 jam sebelum tidur

- Membaca buku

- Berdoa

 

 

5. Sabar

 

Hidup di era teknologi yang serba cepat, kemampuan untuk menjadi orang yang sabar sepertinya sering diuji. Semua orang mengharapkan proses yang cepat dan instan, baik dalam kemudahan hidup sehari-hari sampai dengan hasil dari sebuah pekerjaan.

 

Kita semua tahu bahwa untuk menghasilkan suatu hal yang baik, ada proses yang harus dijalani. Untuk mendapatkan buah yang manis, ada bibit yang harus ditanam, yang kemudian tumbuh menjadi akar, batang pohon, daun, dan buah. Apakah memungkinkan buah tersebut dipaksa untuk panen? Bisa saja, tapi hasilnya akan prematur dan tidak menghasilkan rasa yang manis.

 

Manusia berproses di dunia tidak melalui hal yang instan. Kesabaran adalah satu-satunya pondasi sejati untuk mewujudkan mimpi. Yuk, belajar sabar dan nikmati prosesnya. Berjalan terus ketika semuanya sulit, dan terus berjalan ketika perjalanan itu terasa panjang.

 

 

Terus semangat menjadi pribadi yang positif dan menyebarkan hal yang positif, Dream Warriors. Selamat tahun baru dan terus kejar mimpimu ya.

 

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?