Jurusan yang Tepat Untuk #KejarMimpi di Industri Digital

Beberapa tahun belakangan ini, bidang digital berkembang sangat pesat. Di Indonesia sendiri sudah ada tiga perusahaan berbasis digital yang mendapatkan gelar Unicorn. Seperti apa sih fakta tentang perkembangan digital di Indonesia:

  • Menurut Kementerian Perindustrian, dalam enam tahun terakhir, industri digital di Indonesia tumbuh 9,98 sampai dengan 10,7% per tahun. Jumlah ini setara dengan dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional. Mulai tahun 2019, industri digital nasional diproyeksikan tumbuh di atas 11% per tahun dengan potensi seluruh wilayah Indonesia yang saat ini sudah terhubung oleh jaringan Internet.
  • Mengutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah saat ini sedang mendorong perkembangan industri digital dengan memberikan kemudahan dalam perizinan untuk startup digital dan memberikan informasi tentang kebijakan melalui dunia maya.
  • Asosiasi E-Commerce Indonesia (idea) mencatat, saat ini jumlah perusahaan yang bergerak di sektor jasa industri digital di Indonesia sebanyak 305 perusahaan dengan beragam jenis bisnis usahanya.

"Lowongan pekerjaan di sektor digital meningkat hingga 60%"

 

Semakin besar industrinya, semakin luas juga peluang kerja di industri digital. Seperti riset yang dikeluarkan oleh Michael Page pada tahun 2016 yang menyebutkan bahwa perkembangan industri digital yang marak belakangan ini di Indonesia, menjadi pemacu tumbuhnya jumlah lowongan pekerjaan di sektor ini hingga 60%.

 

Dream Warriors berminat untuk kejar mimpi berkarir di industri digital tapi bingung jurusan apa yang harus diambil untuk bisa sukses di sektor industri ini? Ada beberapa jurusan yang bisa kamu ambil, yang ilmunya bisa kamu gunakan sebagai tenaga ahli di industri digital. Yuk, simak.

 

1. Jurusan Ilmu Komputer

 

 

Industri digital akan berhubungan sangat dekat dengan bahasa pemrograman. Supaya kamu bisa ahli dalam hal pemrograman, jurusan Ilmu Komputer adalah jurusan yang tepat buat kamu. Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan memiliki modal penting untuk menjalani karir di industri digital.

 

Saat ini sudah banyak lulusan Ilmu Komputer yang bekerja di startup e-commerce atau industri telekomunikasi. Tanggung jawabnya seputar membuat basis sistem yang tetap agar teknologi bisa berjalan dan juga menciptakan inovasi-inovasi baru.

 

Potensi karir: Desktop Programming, Web Developer, Mobile Programming, Network Engineer, Database Administrator

 

 

2. Jurusan Manajemen Bisnis

 

 

Apapun industrinya, penguasaan tentang manajemen bisnis sangat diperlukan guna mendongkrak performa perusahaan. Mengambil jurusan Manajemen Bisnis memungkinkan kamu untuk bisa memiliki keahlian dalam menganalisa pasar, menentukan target market dan mengembangkan strategi untuk menciptakan produk yang tepat.

 

Potensi karir: Konsultan Bisnis, Business Intelligence, Product Manager, Business Manager

 

 

3. Jurusan Statistik

 

 

Dalam industri digital, data adalah aset utama yang perlu dikelola sebagai informasi yang penting untuk membuat strategi dan mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, ilmu statistik dangat diperlukan untuk mampu menganalisis data perusahaan hingga dinamika pasar dan pertumbuhan pasar digital.

 

Potensi karir: Research Manager, Data Analyst

 

 

4. Jurusan Komunikasi

 

 

Industri digital erat kaitannya dengan ilmu sosial seperti komunikasi untuk membuat perencanaan marketing dan penyajian konten yang tepat untuk target market. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa menyajikan kreatifitas dan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan target market sehingga produk atau bisnis kamu diminati.

 

Potensi karir: Content Writer, Social Media Specialist, Content Marketing, Account Executive

 

 

5. Jurusan Psikologi

 

 

Setiap bisnis atau usaha pasti memiliki target market yang disasar. Ilmu psikologi dibutuhkan untuk memahami tipe produk dan inovasi yang tepat dan dibutuhkan oleh target pengguna. Ilmu psikologi akan sangat membantu dalam pembuatan ide dan mengeksekusinya ke dalam sebuat strategi yang tepat, sesuai dengan consumer journey dan consumer behavior. Kamu punya keahlian dalam ilmu psikologi dan marketing atau bisnis? Wah! CV kamu akan semakin bagus dan menarik.

 

Potensi karir: Product Owner, Product Quality, Research Manager, Business Development

 

 

6. Jurusan Desain Komunikasi Visual

 

 

Setelah perencanaan dan strategi bisnis marketing yang tepat dan teknologi serta inovasi yang breakthrough, ujung tombak terakhir adalah mengemasnya ke dalam visual kreatif yang menarik sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli produk atau menggunakan bisnis kita. Mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual tepat banget untuk kamu ambil.

 

Potensi karir: UI Designer, Graphic Designer, Art Director

 


 

Selain membutuhkan hard skill dengan masuk ke jurusan-jurusan yang #KejarMimpi sebutkan di atas, tentunya dibutuhkan juga soft skill yang bisa mengasah kemampuan kamu dalam berkomunikasi, berempati dan memiliki hubungan interpersonal yang baik di lingkungan kerja. Kamu bisa mengikuti seminar atau workshop untuk mengasah soft skill seperti yang disajikan di kegiatan #KejarMimpi Leaders Camp.

 

Yuk, follow media sosial Kejar Mimpi untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal kegiatan Leaders Camp di tahun 2019.

Instagram

Twitter

Facebook

YouTube

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?