Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Bersyukur Saat Mendapat Penolakan

Jujur aja siapa sih yang senang ditolak? Entah dalam urusan kuliah, karir, pertemanan bahkan percintaan, kita seringkali berusaha menghindar dari rasa ditolak. Ini semua karena penolakan sering dianggap sebagai sebuah kegagalan yang bikin mental kita down. Akhirnya secara nggak langsung, kita jadi takut menghadapi respon negatif orang lain ketika ditolak. Dampak panjangnya, kita akan terbiasa untuk bersikap perfeksionis dan defensif melihat pendapat orang lain.

 

Kita semua pasti mengalami penolakan dalam hidup. Bahkan orang sukses sekalipun di awal perjuangannya mengalami penolakan beribu kali. Proses yang paling sulit memang menerima penolakan. Karena kita terlalu menaruh ekspektasi terhadap apa yang kita utarakan atau lakukan. Hal itu wajar kok. Tapi, satu hal yang penting dari penolakan, jangan selalu menganggap penolakan orang lain adalah patokan yang paling benar setiap kamu berbuat sesuatu. Bisa jadi kamu selalu menuruti apa kata orang dan nggak menjadi dirimu.

 

Sebenarnya, kamu harus bersyukur mendapat penolakan dalam hidup ini. Walau kita semua berharap hal itu nggak pernah terjadi, tapi ditolak itu juga dibutuhkan dalam mengejar mimpi. Ini dia alasannya yang #KejarMimpi coba rangkum!

 

 

1. Penolakan itu sebuah proses pembelajaran

Semua dalam hidup ini tentang pembelajaran dan pengembangan diri. Kemungkinan penolakan memberitahu kita kalau ada jalan atau cara yang salah dalam hidup ini. Ini bisa jadi tanda kalau kamu mungkin harus introspeksi diri dan memperbaiki kualitas diri. Jadi, penolakan bisa membantumu untuk belajar dari kesalahan dan nggak mengulanginya lagi.

 

2. Penolakan membuat mentalmu kuat

Percayalah ketika kamu menghadapi penolakan berulang kali, nantinya kamu akan menjadi orang yang lebih kuat dan tangguh menghadapi penolakan. Kamu akan terbiasa dan nggak menggangap penolakan sebagai sebuah kegagalan. Seperti Walt Disney yang sebelumnya sempat dipecat karena dibilang kurang kreatif. Hasil karya Mickey Mouse nya juga sempat ditolak karena dianggap menyeramkan. Tapi, karena ia punya tekad sekuat baja dan mau memperbaikinya, akhirnya ia berhasil dan sukses dengan tokoh mickey mouse yang kita kenal sampai sekarang.

 

3. Kamu akan semakin mengenal dirimu sendiri

Penolakan bisa membuka pikiranmu terhadap apa potensi dan kekurangan yang nggak kamu sadari selama ini. Teman atau lingkungan yang menolakmu mungkin punya pandangan lain terhadap apa yang kamu lakukan atau utarakan. Pandangan ini juga perlu kamu pilah mana yang baik untukmu dan sesuai dengan kepribadianmu. Sehingga kamu jadi lebih terbuka untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.
 

4. Penolakan membuatmu menghargai pendapat orang lain

Seseorang menolak cara atau pendapat kamu pasti karena mereka punya pendapat yang berbeda karena preferensi yang berbeda dari kita. Hal ini membuatmu jadi lebih kritis dalam menanggapi segala sesuatu yang ditolak orang lain. Kalau kamu mau menerima penolakan sebagai hal yang positif, kamu akan lebih menghargai orang lain dan nggak terbiasa untuk defensif.

 

5. Penolakan salah satu pintu menuju kesuksesan

Selain Walt Disney, penulis ternama J.K Rowling sempat ditolak penerbit buku sebanyak 12 kali sebelum akhirnya kita mengenal cerita Harry Potter. Memang waktu itu dia sempat menyerah ditambah dengan kondisi keluarganya yang memprihatinkan. Tapi dia akhirnya melihat bahwa penolakan itu bukan akhir dari hidupnya. Dengan potensi yang dimiliki, dia terus menulis hingga karyanya sukses difilmkan dan teringat sampai sekarang. Percaya deh penolakan bisa jadi  salah satu pintu menuju kesuksesan perwujudan mimpimu.

 

Bagaimana cara menerima sebuah penolakan?

Memang nggak mudah untuk menerima sebuah penolakan dalam hidup. Tapi sebenarnya balik lagi, bagaimana kita mengubah perspektif penolakan sebagai kegagalan menjadi sebuah peluang menuju yang lebih baik. Bayangin kalau kita mau menerima penolakan sebagai hal positif, pasti kita akan lebih bahagia dalam menjalani kehidupan.

Setelah mengalami penolakan, berhentilah mencari pembenaran atau kesalahan yang hanya membuat kita stress. Mulailah introspeksi diri dengan melihat peluang apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan memahami cara menerima penolakan, kamu dapat mengubah perasaan gagal itu menjadi semangat kembali mengejar mimpi.

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?