Fakta unik tentang otak manusia yang harus kamu ketahui

Dream Warriors, kita semua tahu bahwa otak manusia adalah organ yang paling vital di tubuh manusia. Tanpa kerja otak, manusia tidak akan bisa hidup. Otak manusia juga sangat kompleks dengan 100 milyar syaraf yang saling berhubungan dan punya tugas berbeda-beda. Kepribadian dan kesadaran seseorang sangat dipengaruhi oleh otak manusia, yang bisa memberikan sinyal semangat, gerak dan emosi.

 

Walaupun digunakan dalam beraktivitas sehari-hari, banyak yang tidak tahu fakta-fakta unik tentang otak manusia, lho. Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik seputar otak manusia yang perlu kamu ketahui:

 

1. Lagu yang nyebelin cenderung lebih diingat oleh otak kamu

 

Rasa sebal terhadap sebuah lagu muncul ketika ada lirik yang mengganggu kamu. Sebagian dari lirik tersebut masuk ke otak kamu sebagai alat bantu memori dan tersimpan di otak. Jadi jangan heran kalau lagu yang annoying cenderung menarik perhatian dan liriknya terngiang-ngiang di otak kamu ya.

 

2. Otak akan menjadi “bingung” di suasana yang bising

 

Ketika kamu berbicara di telepon dengan latar belakang yang berisik, kamu tidak akan bisa mendengarkan lawan bicara kamu secara jelas walaupun handphone kamu menempel di telinga. Hal ini disebabkan karena otak manusia tidak bisa membedakan kebisingan latar belakang (background noise) dari suara di telepon.

 

3. Jet lag bisa merusak daya ingat otak (memori)

 

Terlalu sering mengalami jet lag ternyata bisa merusak daya ingat manusia. Hal ini terjadi karena hormone stres yang dilepaskan selama jet lag bisa merusak lobus temporal dan memori. Lobus temporalis berperan dalam memperkuat ingatan visual, memproses input indra, memahami bahasa, menyimpan ingatan baru, emosi, dan mengambil kesimpulan atau arti.

 

Jadi kalau kamu sering bepergian lintas benua, kasih waktu yang cukup untuk mengistirahatkan dan menormalkan tubuh sebelum melakukan perjalanan kembali.

 

4. Main game perang bisa membantu otak untuk multitasking

 

Main game memang tidak selamanya berdampak negatif. Faktanya, main game dengan adegan menembak musuh secara bersamaan bisa membantu melatih otak kita untuk multitasking. Bermain game yang sifatnya membuat kamu reaktif bisa membantu kamu untuk terus-menerus beraksi terhadap suatu rangsangan (kaget, bingung, marah, dll). Hal ini membantu meningkatkan kemampuan prefrontal otak supaya bisa bekerja dengan lebih efektif.

 

5. Otak tidak mengirimkan sinyal geli ketika kamu menggelitik diri sendiri

 

Apakah kamu pernah mencoba menggelitik diri sendiri dan tidak muncul rasa geli? Hal ini wajar karena otak kita menumpulkan sensasi geli ketika kita melakukannya sendiri.

 

6. Kamu akan bersin ketika melihat sinar matahari yang terlalu terang

 

Sinar matahari yang terlalu terang bisa membuat seseorang menjadi bersin. Hal ini terjadi karena serabut saraf yang bersinggungan di otak mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung.

 

7. Berat otak manusia sebesar 1,36kg dan terdiri dari 75% air dan 60% lemak.  

 

 

Ada lagi fakta unik manusia yang kamu tahu, Dream Warriors?

 

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?