Cara Memilih Karir yang Tepat Agar Sukses Kejar Mimpi

 

Pesatnya perkembangan era digital saat ini berdampak kepada pilihan profesi yang semakin beragam. Banyak profesi yang dulunya tidak ada, sekarang justru menjadi profesi yang digandrungi - contohnya adalah Web Developer. Pilihan berkarir menjadi freelance pun semakin diminati karena bisa dilakukan dimana saja dan fleksibilitas waktu yang bisa kita atur sendiri.

Untuk kamu fresh graduate yang sedang mencari-cari pekerjaan, banyaknya pilihan profesi untuk menopang kehidupan di masa depan menjadi tantangan untuk kamu. Supaya keputusan memilih karir bisa dilakukan dengan tepat, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, Dream Warriors. Simak di bawah ini ya.

 

1. Menilai Diri Sendiri

Sangat penting untuk belajar menilai tentang diri sendiri sebelum kamu memilih karir yang tepat. Kamu harus bisa memahami minat, bakat dan keterampilan kamu. Selain itu, memahami dan menilai kepribadian kamu juga penting untuk kelangsungan karir kamu ke depannya. Dengan kamu bisa menilai diri sendiri, kamu jadi tahu profesi dan industri seperti apa yang tepat untuk kamu.

 

2. Buat Daftar Pekerjaan yang Menarik Minat Kamu

Setelah kamu sudah memahami dan menilai diri kamu, buat daftar pekerjaan yang sesuai kepribadian, bakat dan keterampilan kamu. Kemudian kamu kerucutkan lagi daftar pekerjaan tersebut yang sesuai minat kamu. Memilih pekerjaan yang sesuai minat adalah kunci untuk sukses dalam karir.

 

3. Pahami Betul Detil Pekerjaan dan Tanggung Jawab

Setelah membuat daftar pekerjaan terpilih sesuai minat, kamu bisa lanjutkan dengan mencari tahu job description dari pekerjaan tersebut. Cari tahu juga persyaratan pendidikan untuk bisa melamar di posisi tersebut dan pasaran gaji untuk posisi tersebut.

 

4. Identifikasi Tujuan yang Mau Kamu Raih

Kamu sudah menentukan pekerjaan dan profesi yang mau kamu jalani? Good! Sekarang identifikasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang kamu. Tujuan jangka panjang adalah tujuan yang membutuhkan sekitar 3-5 tahun untuk mencapainya. Sedangkan tujuan jangka pendek membutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai 3 tahun untuk mencapainya. Tujuan yang sudah ditetapkan akan membantu kamu untuk sukses dalam karir yang dipilih. 

 

5. Potensi Karir di Masa Depan

Mengetahui stabilitas pekerjaan sangat penting. Apakah profesi yang kamu jalani memiliki prospek dan kontinuitas? Ada sektor bisnis yang berkembang dua hingga tiga kali lipat dalam beberapa tahun ke depan seperti sektor kreatif. Sektor kreatif adalah sektor yang berkelanjutan karena mengandalkan manusia, kreativitas dan ide sebagai 'poros' industrinya, sehingga bisa bertahan dari zaman ke zaman atau dalam waktu yang panjang. Berbeda dengan sektor industri yang cenderung menggunakan sumber daya alam, yang jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan bisa merusak alam atau memiliki defisit sumber daya.

 

6. Kesempatan Untuk Berkembang

Karir dan jabatan tidak selalu terkait dengan uang dan pendapatan. Di luar dari materi, kita juga butuh mengembangkan dan mengaktualisasikan diri. Apakah perusahaan tempat kamu melamar memberikan kesempatan karyawannya untuk berkembang? Apakah kamu mendapatkan pelatihan yang mendukung pekerjaan kamu? Cari tahu sebesar apa kesempatan yang diberikan perusahaan dalam perkembangan karir karyawannya. Apakah sesuai dengan rencana jangka panjang kamu?

 

7. Bisa Membuat Bangga

Pekerjaan yang tepat adalah pekerjaan yang bisa membuat kamu merasa bangga. Rasa bangga ini tidak selalu berkaitan dengan level perusahaan tempat kamu bekerja, jabatan atau gaji - melainkan hasil baik dari pekerjaanmu. Kebanggaan akan dirasakan ketika kamu bekerja di bidang yang kamu minati, sesuai kemampuan dan kamu berkarya dengan baik di dalam pekerjaanmu.


Untuk bisa memilih karir dan pekerjaan yang tepat memang butuh pengalaman. Indikasi mudah yang bisa kamu rasakan ketika memilih karir yang tepat adalah kamu akan merasa bahagia dan tidak mengeluh walaupun pekerjaan terasa banyak dan sulit. Jangan takut untuk gagal mencoba sebuah pekerjaan. Kalau kamu gagal, bangkit dan coba lagi.

Selamat memilih karir yang tepat, Dream Warriors


Yuk bergabung di media sosial Kejar Mimpi untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi harian supaya kamu selalu semangat dan positif dalam mengejar mimpi :)

Instagram

Twitter

Facebook

YouTube

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?