6 Aktivitas Yang Menambah Kreativitasmu Saat Idle Time

Mungkin bagi sebagian Dream Warriors, waktu 24 jam itu nggak cukup buat kerja, belajar, bersosialisasi atau istirahat. Sebenarnya selama 24 jam, ada momen saat kita nggak melakukan apa-apa di tengah sibuknya aktivitas kita. Misal saat kamu lagi di perjalanan menuju ke kampus, nunggu antrian kopi favorit atau nunggu balesan chat gebetan mungkin? Momen inilah yang disebut idle time.

 

Idle moment alias nggak melakukan apa-apa sebenarnya juga punya manfaat buat mental dan produktivitas kita. Mengutip artikel di qz.com, seorang profesor dari University of California mengatakan untuk mempelajari sesuatu dengan baik, orang perlu istirahat sejenak di sela aktivitasnya dan akan jauh lebih baik setelah melanjutkannya kembali. Otak butuh waktu luang untuk memproses informasi baru dan mencernanya menjadi sebuah memori. Bahkan penulis ternama Stephen King menyediakan waktu 30 menit loh hanya untuk duduk sambil minum teh sebelum kembali menulis.

 

Our brains are at their most innovative when they are resting

 

Meskipun idle time merehatkan otak sejenak, momen ini bisa jadi sangat produktif bagi otak. Pernah kan kamu merasa kreatif dan punya ide keren saat lagi buang air di kamar mandi? Atau mungkin ketika kamu lagi mandi tiba-tiba kepikiran inovasi baru buat konten di Instagrammu. Ketika otak kita dalam idle mode, otak bukan berarti berhenti nggak mikir apa-apa. Otak mengakses kondisi pikiran kita, memori, emosi dan potongan-potongan informasi yang kita ingat secara random. Di momen ini juga pikiran kita secara bebas meluapkan ide liar hingga akhirnya ketemu yang namanya momen "a-ha!".

 

Aktivitas apa yang bisa meningkatkan kreativitas selama idle time?

 

Meskipun idle time sangat penting untuk menjaga kesehatan mental kita, momen ini bisa kamu manfaat dengan aktivitas produktif yang menambah self-development mu. Ini 6 aktivitas yang bisa kamu maksimalkan selama idle time!

 

1. Dengerin Podcast

Sekarang udah banyak banget kan podcast Indonesia dari berbagai genre, mulai dari productivity sampai yang cuma buat hiburan. Kalau lagi mood buat belajar, kamu bisa dengerin podcast Thirty Days of Lunch atau Makna Talks seputar self-improvement, finansial dan life hacks. Kalau yang ringan, bisa cek podcast Awal Minggu atau Kejar Paket Pintar.

 

2. Baca Buku

Kamu bisa pilih buku yang ringan seperti novel, kumpulan cerpen pendek atau sekedar buku puisi yang sekarang lagi tren. Selain memperkaya imajinasimu, bisa menambah kosakatamu loh

 

3. Kontak Teman Lama

Kesibukan kita kadang membuat kita lupa bersosialisasi dengan teman lama. Kamu bisa duluan membuka obrolan dengan teman lama, sekedar tanya kabar, bercanda dan share kesibukannya juga cukup. Kamu akan lebih bersemangat menjalani hari, bertukar tawa, dan meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda. Kalau kontak mantan sih bisa juga tapi ya jangan dibawa ke hati ehehe..

 

4. Buat Bank Inspirasi

Ini hal favorit yang suka dilakuin salah satu content creator Indonesia @Fellexandro. Kalau dia lagi browsing Instagram terus nemu konten yang bagus, angle foto yang keren, langsung dia save di Instagram sesuai kategorinya. Kamu pun juga bisa lakuin dengan cara membuat catatan di handphone atau langsung bikin folder di save Instagram seperti koleksi tempat nongkrong seru, tujuan travelling, outfit keren, bahkan meme kocak yang bisa kamu share lagi ke temenmu.

 

5. Stretching

Sesibuk apapun, stretching atau sekedar meregangkan otot itu perlu apalagi setelah duduk lama bekerja atau belajar. Istirahat sejenak, lemaskan bahu dan angkat tangan ke atas supaya ototmu nggak kaku dan menghindari kram. Kamu bisa manfaatkan juga dengan berjalan-jalan di sekitar.

 

7. Doodling

Mencorat-coret garis atau gambar sederhana secara spontan alias doodling bisa membuatmu lebih rileks dan membuat kita lebih happy. Secara umum, doodling nggak punya representasi dan arti apapun karena kita membebaskan pikiran untuk membuat coretan atau gambar. Doodling juga bisa membuat kita lebih fokus dan meningkatkan kreativitas kita.


Idle moment versi kamu gimana Dream Warriors?

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?