10 cara berinvestasi untuk diri sendiri

Investasi itu penting dan harus dilakukan sedini mungkin. Selain investasi pada uang, kamu juga perlu melakukan investasi untuk pengembangan diri.

 

Warren Buffett, seorang pakar investasi pernah mengatakan bahwa investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orang adalah investasi kepada diri sendiri.

 

Sumber: Pinterest

 

Dengan melakukan investasi terhadap diri sendiri, kamu memberikan modal atau bekal untuk masa depan kamu, sehingga kamu bisa sukses dalam mengejar mimpi. Melakukan investasi untuk diri sendiri dapat kamu lakukan dengan beberapa cara berikut ini:

 

1. Ikut pelatihan bersertifikasi

 

Tidak ada batas waktu untuk belajar. Belajar adalah hal wajib yang harus terus dilakukan oleh seseorang selama masa hidupnya. Walaupun kamu sudah tidak duduk di bangku sekolah, kamu masih bisa belajar dan meningkatkan soft skill kamu melalu pelatihan yang bersertifikasi.

 

Kamu memiliki minat di bidang bisnis? Kamu bisa mengambil sertifikasi mengenai manajemen bisnis atau manajemen keuangan. Hal ini tidak hanya akan membuat kamu lebih unggul dibandingkan orang lain, tapi juga bisa menjadi added value ketika kamu melamar kerja atau mendaftar program beasiswa.

 

Jika saat ini kamu sedang mengambil gap year atau sedang beristirahat dari pekerjaan, mengikuti pelatihan bersertifikasi adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Selain bermanfaat untuk menambah ilmu, kamu juga mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat.

 

2. Ikut dalam komunitas yang memiliki kesamaan minat

 

Dengan bergabung di komunitas yang memiliki kesamaan visi dan misi, kamu memiliki kesempatan untuk belajar lebih besar, memperluas jaringan, menambah pengalaman dan wawasan, dan menambah inspirasi serta informasi kamu seputar minat kamu.

 

Kamu tertarik untuk membangun startup? Kamu bisa bergabung dengan komunitas startup yang rutin mengadakan pertemuan untuk membahas tren startup terkini. Orang-orang baru yang kamu temui di dalam komunitas akan membawa perspektif baru dan gagasan-gagasan yang bisa kamu terapkan di bisnis startup kamu.

 

3. Membaca buku

 

Kamu pasti sudah tahu bahwa membaca adalah jendela dunia. Pengusaha sukses dan pemimpin bisnis di dunia ini memiliki satu kesamaan, yaitu membaca buku. Baik itu membaca buku yang sifatnya pengembangan diri, hingga buku mengenai bisnis. Membaca buku adalah kebiasaan yang akan mengubah hidup dan pola pikir kamu.

 

Dengan membiasakan diri membaca berbagai variasi buku, kamu akan memiliki sudut padang yang berbeda sehingga kamu akan menjadi pribadi yang open minded dan adaptif terhadap beragam situasi. Lewat membaca, kamu akan mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa dipraktikkan dalam hidup.

 

4. Keluar dari zona nyaman

 

Keluar dari zona nyaman adalah salah satu cara untuk membentuk kepribadian kamu. Dengan keluar dari zona nyaman, kamu dilatih untuk lebih berani dan menambah pengalaman hidup.

 

Kamu bisa mencoba untuk mempelajari hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Setiap keterampilan yang kamu miliki berasal dari pengalaman hidup yang kamu jalani. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mencoba banyak hal yang berbeda-beda. Mungkin saja hal baru yang kamu coba tersebut adalah jalan sukses kamu di masa depan.

 

5. Evaluasi kemajuan kamu

 

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang rutin mengukur dan mengevaluasi proses mereka dalam mengejar mimpi. Dengan begitu kamu bisa melakukan introspeksi diri terhadap apa yang sudah kamu capai dan belum kamu capai. Mengevaluasi diri dan kemajuan kamu dapat membantu dirimu menjadi pribadi yang lebih baik dan berkembang.

 

6. Make things happen

 

Orang sukses adalah orang yang menjadikan ide-idenya menjadi nyata.

 

Setelah kamu mempelajari hal baru, bertemu dengan komunitas dan menambah ilmu, beranikan diri kamu untuk melangkan membuat ide kamu menjadi nyata. Apapun yang kamu pelajari, bergerak dan mulai untuk membuat ide tersebut sekarang juga.

 

Tanpa aksi, ide besar pun tidak akan berarti.

 

7. Terapkan gaya hidup sehat

 

Selain ilmu dan soft skill, investasi yang penting untuk diri sendiri adalah menerapkan gaya hidup sehat. Hal paling sederhana adalah dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

 

Masa tuamu adalah tentang apa yang kamu konsumsi dan lakukan di masa muda. Oleh karena itu, perhatikan kesehatanmu mulai dari sekarang dan adopsi gaya hidup sehat, untuk investasi kamu di masa tua.

 

8. Luangkan waktu untuk orang terdekat

 

Memiliki segudang kegiatan dan berderet pertemuan adalah hal yang lumrah terjadi di masa muda. Masa muda adalah masa prima kamu, dimana kamu akan mengambil banyak kesempatan dan tawaran. Bukan hal yang aneh kalau kamu menjadi orang yang sibuk dan memiliki jadwal yang padat.

 

Di tengah kesibukan kamu, jangan lupa luangkan waktu untuk orang orang tua, saudara atau teman. Ketika kamu sedih dan terpuruk, mereka lah yang akan menjadi garda depan untuk melindungi dan menenangkan kamu.

 

Jangan terlena dengan kesibukan dan urusan kamu sendiri. Dalam mengejar mimpi, dukungan keluarga dan orang terdekat adalah yang paling berarti.

 

9. Ambil program S2

 

Menyandang gelar S2 memberikan manfaat baik untuk perkembangan karir maupun karakter kamu. Intelektualitas kamu akan meningkat, karakter kamu akan semakin matang, pola pikir kamu akan lebih kritis dan sudut pandang kamu akan lebih luas.

 

Di dunia karir, memiliki gelar S2 dapat menjadi batu loncatan kamu untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Kalau ada kesempatan untuk melanjutkan S2, jangan ragu untuk ambil kesempatan itu. Bagaimana pun pendidikan adalah investasi penting untuk bisa sukses dalam kejar mimpi di masa depan.

 

10. Menabung sejak dini

 

Membiasakan diri untuk menabung sejak dini dapat menyelamatkan kamu dari kesulitan finansial di masa depan. Dengan menabung, kamu bisa mengantisipasi kebutuhan dana sejak jauh-jauh hari, seperti misalnya untuk kebutuhan sekolah, membeli rumah, memberangkatkan orang tua pergi haji, atau biaya menikah nanti.  

 

Cara untuk melakukan investasi untuk diri sendiri akan terus berubah, tergantung dengan tingkat dan jenjang usia kamu. Semakin bertambah usia, tentunya kebutuhan investasi untuk diri kamu akan meningkat. Jika kamu berhasil melakukan investasi untuk pengembangan diri, kamu akan mampu memenuhi aspek kehidupan lain di kehidupan kamu, seperti karir dan keuangan.

 

Terus semangat dalam mengembangkan diri kamu ya, Dream Warriors.

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?